Jenis-Jenis Kaktus Hias yang Akan Menghiasi Rumah dan Tempat Kerja

Jenis-Jenis Kaktus Hias yang Akan Menghiasi Rumah dan Tempat Kerja

kaktus hias Melocactus
Kaktus Hias – Jenis tanaman hias yang akan di bahas saat ini adalah tanaman hias yang berduri tajam diseluruh batangnya. Ada yang tau tanaman apakah itu?
Tanaman tersebut adalah kaktus, duri tajam serta memiliki bentuk yang unik menjadikannya sebuah daya tarik yang spesial bagi para pecinta kaktus.
Tanaman tersebut juga banyak sekali peminantnya, karena merawatnya cukup mudah karena kaktus adalah tanaman yang berasal dari gurun pasir oleh karena itu sangat kuat untuk bertahan hidup walaupun dalam keadaan kekurangan air ataupun cuaca yang panas seperti iklim Indonesia.
Nama kaktus berasal dari kata Yunani ialah kaktos, yang artinya adalah tanaman berduri. Linneaus seorang ahli botani yang membuat klasifikasi tanaman, disebutkan bahwa kaktu merupakan tumbuhan berduri atau Cactaceae.
Pengertian secara umum kaktus berasal dan tesebar di daerah tandus, misalnya amerika selatan dan meksiko. Daerah-daerah tersebut memiliki curah hujan rendah berfrekuensi tak menentu, lalu dipengaruhi juga oleh faktor-faktor suhu yang berubah-ubah secara ekstrim.
Banyak pendapat juga mengatakan bahwa kaktus berasal dari Amerika Tengah dadn Selatan, Kanada Utara hingga ke Kepulauan Galapagos di Pasifik dan Kepulauan tropis di India Timur dan karibia.
Kebanyakan kaktus yang dijadikan sebagai tanaman hias adalah jenis kaktus mini. Tanaman hias tersebut biasanya ditanam diruangan terbuka atau sebagai tanaman penghias ruangan
Karena tanaman kaktus mempunyai duri yang cukup tajam ada baiknya jika harus lebih berhati-hati dalam penempatan, terutama jauhi dari jangkauan anak-anak.
Tanaman hias kaktus mini mempunyai bermacam-macam jenis dan varian, hampir setiap jenisnya mempunyai keunikan dan keindahan masing-masing.
Tidak hanya keunikan dan keindahannya saja, kaktus juga mempunyai bermacam-macam jenis warna bunga, untuk kamu para pecinta tanaman hias, cobalah untuk memulai mencoba.


kaktus hias Ball CactusKAKTUS HIAS BALL CACTUS

planttycoon.wikia.com
Ball Cactus memiliki nama latin magnifica yang mana merupakan spesies kaktus berbunga berasal dari Brazil selatan, tanaman kaktus tersebut dapat tumbuh hingga 7-15 cm.
Bentuknya terdiri dari beberapa rusuk, berambut dan menghasilkan  bunga yang berwarna kuning agak pucat.
Seperti dengan namanya Ball Cactuss, tanaman tersebut adalah spesies kaktus yang berbentuk seperti bola dikelilingi duri.
Tanaman hias tumbuh secara berkelompok, kaktus tersebut tidak menyukai sinar matahari secara langsung, oleh karena itu kamu harus menyimpannya di tempat yang teduh.

KAKTUS HIAS MELOCACTUS

kaktus hias Melocactus
welchwrite.com
Melocactus merupakan jenis kaktus yang tumbuh di daerah panas dan mempunyai tampilan nyetrik serta menarik.
Dengan duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu lemas ketika tersentuh, terkecuali dengan duri-duri yang kecil justru lebih keras dan tajam.
Tidak semua bagian tubuhnya memiliki duri, namun hanya dibagian sudut-sudutnya saja yang berada diluar.

KAKTUS HIAS ZEBRA (KAKTUS HAWORTHIA ATTENUATA)

Haworthia attenuata var.radula
worldofsucculents.com
Kaktus zebra merupakan kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena mempunyai toleransi tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia merupakan jenis tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan.
Pada umumnya bentuk tanaman kaktus zebra iini berbentuk menyerupai miniatur dari tanaman lidah buaya.

KAKTUS HIAS PINCUSHION CACTUS

Pincushion Cactus
paulgill.photoshelter.com
Kaktus Pincushion kaktus merupakan tanaman kaktus yang miliki duri halus. Kaktus tersebut biasanya tumbuh dalam kelompok yang minim perawatan.
Pincushion cactus sendiri merupakan nama pasaran yang diberikan hampir kepada semua jenis kaktus berukuran kecil namun memiliki bentuk menarik dan beragam. Kamu dapat mencari lebih dari 175 jenis spesies kaktus kecil di seluruh belahan dunia.

KAKTUS HIAS CEREUS TETRAGONUS

Cereus Tetragonus
pinterest.com
Kaktus ini memiliki bentuk unik karena berbentuk seperti kastil yang biasa berada di negeri dongeng. Terdapat juga bagian dari kaktus yang tinggi sebagian lagi juga pendek.
Cereus tetragonus bisa kamu jadikan sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias pot. Cereus tetragonus sendiri sebenarnya kaktus yang berasal dari Amerika, yang mana pernah ditemukan tingginya bisa mencapai 6 kaki atau kurang lebih 2 meter.

KAKTUS HIAS GYMNOCALYCIUM

Gymnocalycium baldianum
worldofsucculents.com
Gymnocalycium meruapakan salah satu tanaman hias dari spesies kaktus yang mempunyai bunga indah. Kamu bisa menanamnya didalam pot berukuran kecil.
Nama Gymnocalycium diambil dari bahasa Yunani yang memiliki arti kelopak telanjang. Mengapa disebut kelopak telanjang? Karena bantalan kuncup bungan yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

KAKTUS HIAS LOBIVIA OGANMARU

Lobivia Oganmaru
bukalapak.com
Tanaman hias kaktus mini ini dapat tumbuh hingga setinggi 5 cm. Bentuk Lobivia Oganmaru sangat unik cantik dan berwarna kuning alami mencolok, sangat cocok sekali jika dijadikan hiasan di atas meja kerja, ruang tamu dan tempat-tempat beraktivitas yang mana akan menambah semangat bekerja kamu.
Karena jenis kaktus hias yang satu ini cocok sekali untuk dijadik tanaman outdoor dan indoor, jadi buat kamu yang bekerja di luar ataupun didalam ruangan sangat pas sekali untukdijadikan mood booster.

KAKTUS HIAS MAMILLARIA ELONGATA

mammillaria elongata
www.biopix.com
Kaktus Mamillaria Elongata habitat aslinya berasal dari Meksiko, seluruh permukaan pada tanaman hias ini diselimuti oleh duri halus yang memiliki warna kuning secara menyeluruh.
Tidak hanya duri berwarna kuning, namun juga terdapat duri berwarna merah dibagian ujung-ujungnya. Bagian batang kaktus tersebut hampir tidak terlihat karena kerapatan duri halus yang menutupi secara meluruh.
Kelebihan yang dimiliki Kaktus Mamillaria Elongata adalah terdapat bunga mungil berwarna putih menjadikan para pecintanya tertarik dan terpikat.

KAKTUS HIAS MAMMILLARIA ELONGATA VAR INTERTEXTA

mammillaria elongata var. intertexta
flickr.com
Jika dilihat sepintas kaktus tersebut hampir sama dengan Mamillaria Elongata, namun perbedaanya tumbuhan hias ini memiliki penampilan yang lebih kokoh dengan batang yang berukuran besar. Batang yang tertutup duri kemerahan.
Kaktus ini tergolong tanaman hias yang paling sering berbunga, bunganya berwarna putih tersebut sangat anggun untuk dijadikan hiasan di rumah maupun tempat kerja.

KAKTUS HIASMAMMILLARIA FRAILEANA

Mammillaria fraileana
wikiwand.com
Tanaman hias kaktus mini ini berhabitat asli dari Meksiko. Kaktus jenis ini mempunyai batang berwarna hijau dengan bentuk kolmnar.
Disekitar batang utamanya adalah tempat tumbuhnya anak-anak  kaktus, oleh karena itu kaktus tersebut akan tumbuh secara berkelompok.
Diseluruh bagian batangnya ditumbuhi duri-duri halus berwrna coklat kemerahan. Terdapat bercak putih dan bunga mekar memiliki ukuran besar berwarna merah dan putih yang membuat semakin mempesona bagi siapapun melihatnya.

JUAL SOUVENIR KAKTUS

Souvenir Kaktus Paper bag
Jika kamu butuh souvenir pernikahan dengan tema go green, kami juga menjual aneka hias kaktus dengan bermacam-macam model.
Kaktus mini merupakan jenis kaktus yang dapat berbunga dalam pot. kami menyediakan beberapa jenis kaktus hias mini untuk semua kebutuhan Anda. Baik untuk souvenir pernikahan, ulang tahun, acara kantor, oleh-oleh dan masih banyak lagi
Bermacam-macam kaktus hias mini yang kami tawarkan di dalam pot bisa Anda letakan diluar maupun di dalam ruangan. Tidak ditanam hingga besar di kebun atau taman, seperti yang dijelaskan diatas kaktus mini berukuran kecil, kaktus dewasa hanya mencapai kurang lebih 30 cm saja

Komentar